Friday, 1 January 2016
Unsur dinamis pembelajaran konruen
dengan unsur dinamis dalam proses belajar Siswa hal ini dapat dijelaskan
melalui pengertian pembelajaran kongruen da menunjang tercapainya tujuan
belajar siswa, sehingga baik guru maupun siswa sama-sama memiliki unsur
dinamis. Unsur dinamis pada guru untuk penyelenggaraan pembelajaran dan unsur
dinamis siswa untuk proses belajar.
1. Unsur
dinamis pembelajaran pada diri guru
a. Motivasi
membelajarkan siswa dalam hal ini guru sebagai motivator belajar siswa, agar
motif-motif positif pada diri siswa dapat di tingkatkan.
b. Kondisi
guru agar siap membelajarkan siswa, bila guru memiliki kompetisi yang sesuai
dengan tuntutan masyarakat.
Berikut ini di sajikan kemampuan Dasar
Guru Khusus S1, Kependidikan :
1. Menguasai
bahan
a. Menguasai
bahan bidang studi dalam kurikulum sekolah
b. Menguasai
bahan pengayaan/ penunjang bidang studi
2. Mengelola
program belajar-mengajar
a. Merumuskan tujuan intruksional
b. Mengenal dan dapat menggunalkan prosedur
instrusional yang tepat
c. Melaksanakanprogrambelajar mengajar
d. Mengenal kemampuan peserta didik
e. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran
remedial
3. Mengelola
kelas
a. Mengatur tata ruang kelas untuk
pengajaran
b. Menciptakan iklim belajar mngajar yang
serasi
4. Penggunaan
media/sumber
a. Mengenal, memilih dan menggunakan media
b. Membuat alat-alt bantu pelajaran
sederhana
c. Menggunakan dan mengelola laboratorium
dalam rangka proses belajar mengajar
d. Menggunakan perpustakaan dalam proses
belajar mengajar
e. Menggunakan Micro Teaching unit dalam
program pengalaman lapangan
5. Menguasai landasa-landasan kependidikan
6. Mengelola interaksi belajar mengajar
7. Memilai prestasi siswa untuk kepentingan
pengajaran
8. Mengenal fungsi dan program layanan
bimbingan dan penyuluhan di sekolah
a. mengenal
fungsi dan program layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah
b. menyelenggarakan
program layana bimbingan di sekolah
9. Mengenal dan menyelenggarakan
administrasi sekolah
10. Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan
hasil penelitian,pendidikan guna keperluan pengajaran
2. Upaya
Pengembangan unsur dinamis siswa dalam proses belajar
Hal ini dapat diusahakan dengan cara
memperhatiakan unsur-unsur dinamis pada diri siswa, sebagai berikut :
- Unsur motivasi belajar, pengembangan dapat di upayakan dengan jalan :
1. Menghadapkan siswa pada hal-hal yang
menantang, misalnya dengan jalan mengadakan pemecahan masalah dengan cara
menyelidiki, mengadakan percobaan, membuat sesuatu dan sebagainya agar
menguatkan motivasi siswa.
2. Bagi siswa yang kurang atau lamban di
dorong untuk lebih aktif belajar, sementara siswa yang pandai di mintai untuk
menjadi tutor dengan tugas memberi penjelasan atau membantu hal-hal yang belum
di mengerti atau belum dikerjakan.
3. Agar motivasi ekstrinsik di tingkatkan
unuk menjadi motivasi intrinsik dalam belajar
- Unsur materi atau bahan belajar
Hal ini dapat di usahakan
pengembangannya anatar lain dengan jalan :
1. Upayakan ada pemilihan materi
pembelajaran
2. Siswa di ikut setakan untuk ikut
mempertanggung jawabkan pemilihan materi pembelajaran
3. Siswa di usahakan untuk memanfaatkan
sumber belajar di lingkugan sekitar yang tersedia mungkin
- Unsur suasana belajar
1. Di usahakan adanya suasana belajar yang
akrab dan gembira
2. Siswa belajar bervariasi
3. Kelas di atur secara flexibel sesuai
dengan kebutuhan siswa yang belajar
4. Kelas denganjumlah siswa jangan terlalu
besar
5. Menggunakan multi metode dan multi media
- Unsur media belajar
Pengembanganya dapat di usahakan anatar lain dengan jalan
:
1. Peningkatan penggunaan media
2. Mengikutsertakan siswa
3. Penyiapan media
4. Menggunakan media
5. Siswa dilatih untuk membuat laporan
6. Siswa di latih membuat media pembelajarn
sendiri
- Unsur kondisi siwa yang belajar
Pengembangannya antara lain dengan jalan :
1. Pembelajaran secara ideal dengan
individual
2. Sistem klasikal yang sekarang berlaku di
usahakan untuk dilaksanakan secara klasikal bervariasi.
Post a Comment