Tuesday, 23 February 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA
SEKOLAH : SD NEGERI 24
LUNDANG
KELAS/SEMESTER : IV/II
MATA
PELAJARAN : Ilmu
Pengetahuan Sosial
ALOKASI
WAKTU : 12 jam pelajaran @ 35 menit
I.
Standar Kompetensi
2. Mengenal sumber
daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I
kota dan provinsi
II.
Kompetensi Dasar
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi
dan transportasi serta
pengalaman menggunakannya
III.
Indikator
2.3.1 Membandingkan/membedakan jenis teknologi
produksi pada masa lalu dan
masa sekarang
2.3.2
Menunjukkan
teknologi produksi masa lalu dan masa sekarang
2.3.3
Menyebutkan
macam-macam alat produksi masa lalu dan masa sekarang
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. dengan pengamatan peserta didik mampu menuliskan
ciri-ciri teknologi masa lalu dengan teknologi sekarang dengan benar
2. dengan pengamatan peserta didik mampu menunjukkan
teknologi produksi masa lalu dengan masa sekarang dengan benar
3. dengan tanya jawab peserta didik mampu menyebutkan
kelebihan tekologi produksi sekarang dengan teknologi produksi lalu dengan
benar
4. dengan tanya jawab peserta didik mampu meyebutkan
perbedaan teknologi produksi lalu dengan teknologi produksi sekarang dengan
benar
5. dengan tanya jawab peserta didik mampu menyebutkan dampak
positif dan dampak negatif tekologi produksi sekarang dengan benar
6. dengan penugasan peserta didik
mampu menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan masa sekarang dengan
benar
”karakter siswa yang
diharapkan” :
disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, jujur dan ketelitian
V.
Materi Pokok
1.
Perkembangan teknologi
produksi dan transportasi
VI.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal
|
Waktu = 10 menit
|
1)
Peserta didik bersama guru berdoa
2)
Peserta didik memperhatikan guru mengecek
kehadiran
3)
Membuka skemata peserta didik
4)
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
|
Kegiatan inti
|
Waktu = 50 menit
|
1)
Peserta didik mengamati gambar yang
ditempelkan dan diperlihatkan oleh guru didepan kelas dengan teliti
2)
Peserta didik memberikan tanggapan tentang
gambar yang ada di depan kelas
3)
peserta didik
menunjukkan teknologi produksi masa lalu dengan masa sekarang dengan benar
4)
peserta didik bertanya
jawab antar peserta didik dan guru tentang ciri-ciri teknologi masa lalu
dengan teknologi sekarang dengan sopan dan tekun
5)
peserta didik bertanya
jawab dengan guru tentang kelebihan tekologi produksi sekarang dengan
teknologi produksi lalu dengan semangat dan jujur
6)
peserta didik bertanya
jawab dengan guru tentang perbedaan
teknologi produksi lalu dengan teknologi produksi sekarang dengan dengan
bahasa indonesia yang dengan semangat dan tekun
7)
peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang dampak positif dan dampak negatif tekologi produksi sekarang dengan dengan
semangat dan rasa hormat
8)
peserta didik memperhatikan
guru menjelaskan tentang alat produksi lalu dengan produksi sekarang dengan
tekun dan penuh perhatian
9)
Peserta didik mengerjakan tugas secara individu yang diberikan oleh guru dengan penuh tanggung jawab dan teliti
|
|
Kegiatan akhir
|
Waktu = 10 menit
|
1)
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan hal-hal yang belum diketahui
2)
Guru meluruskan kesalahan dan kekeliruan yang
dilakukan peserta didik sewaktu proses pembelajaran
3)
Peserta didik diberikan kesempatan oleh guru
untuk menyimpulan pembelajaran yang telah dilakukan
4)
Peserta didik membuat soal PR yang diberikan
oleh guru
|
|
VII.
Alat dan Sumber Bahan
1.
Alat Peraga
-
Gambar alat produksi dulu
dan masa sekarang
-
Model alat produksi
sekarang
( hp, noteook, pena, spidol, dll)
2.
Buku IPS kelas IV yang
relevan
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. Membandingkan/membedakan
jenis teknologi produksi pada masa lalu dan masa sekarang
2. Menunjukkan teknologi
produksi masa lalu dan masa sekarang
3. Menyebutkan macam-macam alat
produksi teknologi masa lalu dan masa sekarang
|
Tugas
individu
|
essay
|
1.
Sebutkan perbedaan jenis teknologi produksi
lalu dengan masa sekarang
2.
Buatlah contoh teknologi lalu dan yang dikembangkan
oleh orang sekarang yang mempunyai tugas dan fungsi yang sama
3.
Apa saja dampak positif dan negatif dari
teknologi sekarang
4.
Tuliskah 5 macam alat produksi teknologi masa
lalu dengan masa sekaang
5.
Mengapa alat produksi teknologi sekarang
banyak dipakai oleh masyarakat dibandingkan teknologi masa lalu
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Kamis,
08 mei 2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mapel IPS
........................... Mahyudi

Post a Comment