Tuesday, 15 December 2015



KISI-KISI SOAL DAN KARTU SOAL
Guru adalah salah satu profesi yang sangat menentukan masa depan peserta didik. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya seorang guru harus mampu mamfasilitasi peserta didik untuk menguasai suatu ilmu pengetahuan yang dipersyaratkan dalam satuan dan tingkat pendidikan.
Secara garis besar tugas guru dapat disebutkan sebagai berikut.
  1. Melakukan proses belajar yang mengajar
  2. Melakukan evaluasi
  3. Melakukan analisis hasil evaluasi
  4. Melakukan kegiatan remedial dan pengayaan
  5. Melakukan kegiatan bimbingan
Dalam tulisanku kali ini akan membahas bagian yang kedua yaitu tugas guru dalam melakukan evaluasi.
Kegiatan evaluasi bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik dalam menguasai kompetensi-kompetensi yang sudah distandarkan pada jenjang dan tingkat pendidikan tertentu. Untuk melakukan kegiatan ini seorang guru harus benar-benar mempersiapkan alat evaluasi yang tepat untuk mengukur kemampuan peserta didik. Berikut ini aku akan dijelaskan tahapan-tahapan dalam menentukan butir-butir soal evaluasi.
1. Membuat kisi-kisi soal
Tujuan dari pembuatan kisi-kisi soal adalah untuk membuat rambu-rambu dan acuan dari menyusun rumusan soal. Kisi-kisi soal dapat dijadikan gambaran awal seperti apa butir-butir evaluasi yang akan dibuat. Hal-hal yang penting yang harus ada dalam membuat kisi-kisi soal adalah sebagai berikut.
  • Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar diambil dari kompetensi dasar mana yang akan diukur penguasaanya. Kompetensi dasar dipetik langsung dari Standar Isi Kurikulum 2006 yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  • Materi
Materi adalah materi pelajaran yang pernah dipelajari oleh siswa yang merupakan isi dari kompetensi dasar yang ingin diujikan.
  • Indikator Soal
Indikator soal berbeda dengan indikator pembelajaran. Indikator soal merupakan diskripsi dari soal-soal yang ingin dibuat dan indikator soal ini harus mampu mengukur penguasaan dari indikator pembelajaran.
  • Bentuk Soal
Merupakan bentuk soal yang dibuat, apakah pilihan ganda, uraian, unjuk kerja atau tes lisan.
  • Nomor Soal
Merupakan nomor urut soal pada naskah soal. Nomor soal hendaknya ada keajegan dari struktur materi pembelajaran.
Contoh
KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Mata Pelajaran       : Matematika
Penyusun     : NURMAN, S.Pd.
Kelas / Semester   : VIII / Genap
Sekolah         : MTs. Negeri Aikmel
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Nomor Soal

Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
Unsur dan Bagian Lingkaran
-     Diberikan sebuah lingkaran dengan bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan nama dari bagian lingkaran yang ditunjuk-     Siswa dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran jika panjang diameternya diketahui
PG
PG
1
2

Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
Garis singgung persekutuan dua lingkaran
-     Diberikan empat buah pernyataan, siswa dapat menentukan sifat-sifat garis singgung lingkaran.-     Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan besar salah satu sudut garis singgung tersebut.
-     Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan panjang garis singgung tersebut
-     Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan luar, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran tersebut.
-     Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran tersebut.
PG
PG
PG
PG
Uraian
20
21
22
23
33
2. Membuat Kartu Soal
Setelah kisi-kisi soal selesai dibuat selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat kartu soal. Kartu soal merupakan penerjemahan dari kisi-kisi soal. Kartu soal berisi rumusan soal-soal yang akan dijadikan sebagai alat evaluasi.
Contoh
KARTU SOAL
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester
Mata Pelajaran
:
:
:
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap
Matematika
Kompetensi Dasar :
Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
Nomor Soal

1

Rumusan Butir Soal
Description: ling 1
Dari gambar lingkaran diatas, juring ditunjukkan oleh nomor ………….
a. I                    c. III
b. II                   d. IV
Materi Pokok :
Unsur dan Bagian Lingkaran
Kunci Jawaban

B

Indikator :
Diberikan sebuah lingkaran dengan bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan nama dari bagian lingkaran yang ditunjuk







KARTU SOAL
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester
Mata Pelajaran
:
:
:
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap
Matematika
Kompetensi Dasar :
Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
Nomor Soal

2

Rumusan Butir Soal
Diketahui panjang diameter lingkaran 14 cm, maka panjang jari-jarinya adalah ……… (phi =22/7 )
a. 7 cm                             c. 12 cm
b. 10 cm                           d. 14 cm
Materi Pokok :
Unsur dan Bagian Lingkaran
Kunci Jawaban

A

Indikator :
Siswa dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran jika panjang diameternya diketahui









KARTU SOAL
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester
Mata Pelajaran
:
:
:
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap
Matematika
Kompetensi Dasar :
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
Nomor Soal

21

Rumusan Butir Soal
Description: ling 2
Perhatikan gambar diatas !
Nilai y = …….
a. 450 c. 1350
b. 900 d. 1800
Materi Pokok :
Garis singgung persekutuan dua lingkaran
Kunci Jawaban

A

Indikator :
Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan besar salah satu sudut garis singgung tersebut






KARTU SOAL
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester
Mata Pelajaran
:
:
:
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap
Matematika
Kompetensi Dasar :
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
Nomor Soal

22

Rumusan Butir Soal
Description: ling 3
Perhatikan gambar diatas !
Panjang OQ = 6 cm dan panjang RP = 4 cm. Panjang PQ = …….
a. 8 cm                         c. 12 cm
b. 10 cm                       d. 16 cm
Materi Pokok :
Garis singgung persekutuan dua lingkaran
Kunci Jawaban

A

Indikator :
Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran tersebut






KARTU SOAL
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester
Mata Pelajaran
:
:
:
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap
Matematika
Kompetensi Dasar :
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
Nomor Soal

23

Rumusan Butir Soal
Perhatikan gambar di bawah ini !
Description: ling 4
Dua buah lingkaran yang berpusat di titik A dan B masing-masing berjari-jari 12 cm dan 4 cm. Jika jarak A dan b adalah 17 cm, maka panjang PQ adalah …….
a. 15 cm                       c. 19 cm
b. 16 cm                       d. 20 cm
Materi Pokok :
Garis singgung persekutuan dua lingkaran
Kunci Jawaban

A

Indikator :
Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan luar, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran tersebut






KARTU SOAL
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester
Mata Pelajaran
:
:
:
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap
Matematika
Kompetensi Dasar :
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
Nomor Soal

33

Rumusan Butir Soal
Perhatikan gambar dibawah ini !
Description: ling 5
Dua lingkaran yang berpusat di titik A dan B masing-masing berjari-jari 9 cm dan 6 cm. Jika jarak pusat lingkaran tersebut adalah 39 cm, hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalamnya !

Materi Pokok :
Garis singgung persekutuan dua lingkaran
Kunci Jawaban



Indikator :
Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran tersebut





3. Penyusunan Naskah Soal
Langkah terakhir dari tahapan pembuatan soal evaluasi adalah penyusunan naskah soal. Naskah soal ini dikutif langsung dari kartu soal sesuai dengan urutan nomor yang tertera dalam kartu soal.
Berikut aku berikan Link Download contoh kisi-kisi dan kartu soal

- Copyright © channel ulama - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -