Tuesday, 15 December 2015
KISI-KISI
SOAL DAN KARTU SOAL
Guru adalah salah satu profesi yang
sangat menentukan masa depan peserta didik. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung
jawabnya seorang guru harus mampu mamfasilitasi peserta didik untuk menguasai
suatu ilmu pengetahuan yang dipersyaratkan dalam satuan dan tingkat pendidikan.
Secara garis besar tugas guru dapat
disebutkan sebagai berikut.
- Melakukan proses belajar yang mengajar
- Melakukan evaluasi
- Melakukan analisis hasil evaluasi
- Melakukan kegiatan remedial dan pengayaan
- Melakukan kegiatan bimbingan
Dalam tulisanku kali ini akan
membahas bagian yang kedua yaitu tugas guru dalam melakukan evaluasi.
Kegiatan evaluasi bertujuan untuk
mengetahui tingkat penguasaan peserta didik dalam menguasai
kompetensi-kompetensi yang sudah distandarkan pada jenjang dan tingkat
pendidikan tertentu. Untuk melakukan kegiatan ini seorang guru harus
benar-benar mempersiapkan alat evaluasi yang tepat untuk mengukur kemampuan
peserta didik. Berikut ini aku akan dijelaskan tahapan-tahapan dalam menentukan
butir-butir soal evaluasi.
1. Membuat
kisi-kisi soal
Tujuan dari pembuatan kisi-kisi soal
adalah untuk membuat rambu-rambu dan acuan dari menyusun rumusan soal.
Kisi-kisi soal dapat dijadikan gambaran awal seperti apa butir-butir evaluasi
yang akan dibuat. Hal-hal yang penting yang harus ada dalam membuat kisi-kisi
soal adalah sebagai berikut.
- Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar diambil dari kompetensi
dasar mana yang akan diukur penguasaanya. Kompetensi dasar dipetik langsung
dari Standar Isi Kurikulum 2006 yang dikeluarkan oleh pemerintah.
- Materi
Materi adalah materi pelajaran yang
pernah dipelajari oleh siswa yang merupakan isi dari kompetensi dasar yang
ingin diujikan.
- Indikator Soal
Indikator soal berbeda dengan
indikator pembelajaran. Indikator soal merupakan diskripsi dari soal-soal yang
ingin dibuat dan indikator soal ini harus mampu mengukur penguasaan dari
indikator pembelajaran.
- Bentuk Soal
Merupakan bentuk soal yang dibuat,
apakah pilihan ganda, uraian, unjuk kerja atau tes lisan.
- Nomor Soal
Merupakan nomor urut soal pada
naskah soal. Nomor soal hendaknya ada keajegan dari struktur materi
pembelajaran.
Contoh
KISI-KISI
PENYUSUNAN SOAL SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Mata Pelajaran
: Matematika
Penyusun : NURMAN,
S.Pd.
Kelas / Semester : VIII /
Genap
Sekolah
: MTs. Negeri Aikmel
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Menentukan unsur dan bagian-bagian
lingkaran
|
Unsur dan Bagian Lingkaran
|
-
Diberikan sebuah lingkaran dengan bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan
nama dari bagian lingkaran yang ditunjuk- Siswa dapat
menentukan panjang jari-jari lingkaran jika panjang diameternya diketahui
|
PG
PG
|
1
2
|
|
Menghitung panjang garis singgung
persekutuan dua lingkaran
|
Garis singgung persekutuan dua
lingkaran
|
-
Diberikan empat buah pernyataan, siswa dapat menentukan sifat-sifat garis
singgung lingkaran.- Diberikan sebuah lingkaran
dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran,
siswa dapat menentukan besar salah satu sudut garis singgung tersebut.
-
Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah
titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan panjang garis singgung
tersebut
-
Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan luar, siswa
dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
tersebut.
-
Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam, siswa
dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
tersebut.
|
PG
PG
PG
PG
Uraian
|
20
21
22
23
33
|
2. Membuat
Kartu Soal
Setelah kisi-kisi soal selesai
dibuat selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat kartu soal. Kartu soal
merupakan penerjemahan dari kisi-kisi soal. Kartu soal berisi rumusan soal-soal
yang akan dijadikan sebagai alat evaluasi.
Contoh
KARTU SOAL
|
|||
Nama Madrasah
Bahan
kelas/semester
Mata
Pelajaran
|
:
:
:
|
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII /
Genap
Matematika
|
|
Kompetensi Dasar :
Menentukan
unsur dan bagian-bagian lingkaran
|
Nomor Soal
1
|
Rumusan Butir Soal
![]()
Dari
gambar lingkaran diatas, juring ditunjukkan oleh nomor ………….
a.
I
c. III
b.
II
d. IV
|
|
Materi Pokok :
Unsur
dan Bagian Lingkaran
|
Kunci Jawaban
B
|
||
Indikator :
Diberikan
sebuah lingkaran dengan bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan nama dari
bagian lingkaran yang ditunjuk
|
|||
KARTU SOAL
|
|||
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester
Mata
Pelajaran
|
:
:
:
|
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII /
Genap
Matematika
|
|
Kompetensi Dasar :
Menentukan
unsur dan bagian-bagian lingkaran
|
Nomor Soal
2
|
Rumusan Butir Soal
Diketahui
panjang diameter lingkaran 14 cm, maka panjang jari-jarinya adalah ……… (phi
=22/7 )
a. 7
cm
c. 12 cm
b. 10
cm
d. 14 cm
|
|
Materi Pokok :
Unsur
dan Bagian Lingkaran
|
Kunci Jawaban
A
|
||
Indikator :
Siswa
dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran jika panjang diameternya
diketahui
|
|||
KARTU SOAL
|
|||
Nama Madrasah
Bahan
kelas/semester
Mata
Pelajaran
|
:
:
:
|
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII /
Genap
Matematika
|
|
Kompetensi Dasar :
Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
|
Nomor Soal
21
|
Rumusan Butir Soal
![]()
Perhatikan
gambar diatas !
Nilai y
= …….
a. 450
c. 1350
b. 900
d. 1800
|
|
Materi Pokok :
Garis
singgung persekutuan dua lingkaran
|
Kunci Jawaban
A
|
||
Indikator :
Diberikan
sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik
diluar lingkaran, siswa dapat menentukan besar salah satu sudut garis
singgung tersebut
|
|||
KARTU SOAL
|
|||
Nama Madrasah
Bahan
kelas/semester
Mata
Pelajaran
|
:
:
:
|
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap
Matematika
|
|
Kompetensi Dasar :
Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
|
Nomor Soal
22
|
Rumusan Butir Soal
![]()
Perhatikan
gambar diatas !
Panjang
OQ = 6 cm dan panjang RP = 4 cm. Panjang PQ = …….
a. 8 cm
c. 12 cm
b. 10
cm
d. 16 cm
|
|
Materi Pokok :
Garis
singgung persekutuan dua lingkaran
|
Kunci Jawaban
A
|
||
Indikator :
Diberikan
sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik
diluar lingkaran, siswa dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran
tersebut
|
|||
KARTU SOAL
|
|||
Nama Madrasah
Bahan
kelas/semester
Mata
Pelajaran
|
:
:
:
|
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII /
Genap
Matematika
|
|
Kompetensi Dasar :
Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
|
Nomor Soal
23
|
Rumusan Butir Soal
Perhatikan
gambar di bawah ini !
![]()
Dua buah
lingkaran yang berpusat di titik A dan B masing-masing berjari-jari 12 cm dan
4 cm. Jika jarak A dan b adalah 17 cm, maka panjang PQ adalah …….
a. 15
cm
c. 19 cm
b. 16
cm
d. 20 cm
|
|
Materi Pokok :
Garis
singgung persekutuan dua lingkaran
|
Kunci Jawaban
A
|
||
Indikator :
Diberikan
dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan luar, siswa dapat menentukan
panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran tersebut
|
|||
KARTU SOAL
|
|||
Nama Madrasah
Bahan
kelas/semester
Mata
Pelajaran
|
:
:
:
|
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII /
Genap
Matematika
|
|
Kompetensi Dasar :
Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
|
Nomor Soal
33
|
Rumusan Butir Soal
Perhatikan
gambar dibawah ini !
![]()
Dua
lingkaran yang berpusat di titik A dan B masing-masing berjari-jari 9 cm dan
6 cm. Jika jarak pusat lingkaran tersebut adalah 39 cm, hitunglah panjang
garis singgung persekutuan dalamnya !
|
|
Materi Pokok :
Garis
singgung persekutuan dua lingkaran
|
Kunci Jawaban
|
||
Indikator :
Diberikan
dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam, siswa dapat
menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran tersebut
|
|||
3.
Penyusunan Naskah Soal
Langkah terakhir dari tahapan
pembuatan soal evaluasi adalah penyusunan naskah soal. Naskah soal ini dikutif
langsung dari kartu soal sesuai dengan urutan nomor yang tertera dalam kartu
soal.
Berikut aku berikan Link Download
contoh kisi-kisi dan kartu soal
Post a Comment