Friday, 29 January 2016
Format Penilaian Aspek Kognitif, Afektif, dan
Psikomotor
-->
Format Penilaian Aspek Kognitif, Afektif, dan
Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
||
1.
|
||||||||||||
2.
|
||||||||||||
3.
|
||||||||||||
4.
|
||||||||||||
5.
|
||||||||||||
6.
|
||||||||||||
7.
|
||||||||||||
8.
|
||||||||||||
9.
|
||||||||||||
10.
|
||||||||||||
11.
|
||||||||||||
12.
|
||||||||||||
13.
|
||||||||||||
14.
|
||||||||||||
15.
|
||||||||||||
16.
|
||||||||||||
17.
|
||||||||||||
18.
|
||||||||||||
19.
|
||||||||||||
20.
|
||||||||||||
21.
|
||||||||||||
22.
|
||||||||||||
23.
|
||||||||||||
24.
|
||||||||||||
25.
|
||||||||||||
26.
|
||||||||||||
27.
|
||||||||||||
28.
|
||||||||||||
29.
|
||||||||||||
30.
|
||||||||||||
31.
|
||||||||||||
32.
|
||||||||||||
33.
|
||||||||||||
34.
|
||||||||||||
35.
|
||||||||||||
36.
|
||||||||||||
37.
|
||||||||||||
38.
|
||||||||||||
39.
|
||||||||||||
40.
|
Keterangan :
Aspek kognitif yang dinilai:
1. Penilaian
lembar rangkuman sebelum pembelajaran dimulai.
2. Penilaian
lembar kuis setelah pembelajaran berakhir.
Aspek afektif yang dinilai:
1. Keberanian.
2. Antusias.
3. Tenggang
rasa.
4. Keseriusan.
5. Keaktifan.
Aspek
psikomotor yang dinilai:
1. Keterampilan
mengamati dan menganalisis percobaan yang dilakukan.
2. Keterampilan
berkomunikasi dan berdiskusi dalam diskusi kelompok ketika melakukan praktikum
PENILAIAN
ASPEK KOGNITIF
Tujuan
: Mengukur ketercapaian indikator dalam sub materi pokok bahan kimia
dalam kehidupan sehari-hari melalui test formatif yang dilaksanakan pada saat
pembelajaran berlangsung.
Nama
:
Kelas
:
Materi
: Bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
(0 - 100)
|
Keterangan
|
|
1.
|
Penilaian
lembar tabel pengamatan mengenai kemasan produk pembersih, pewangi, pemutih
dan pembasmi serangga.
|
|||
2.
|
Penilaian
lembar jawaban (LKS) Mengetahui efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan
lingkungan.
|
|||
3.
|
Penilaian
lembar jawaban (LKS) Mengetahui pengaruh bahan pengawet terhadap daya
tahan hidup hewan dan tumbuhan
|
|||
4.
|
Penilaian
lembar evaluasi setelah pembelajaran berakhir.
|
|||
TOTAL SKOR KOGNITIF
|
Penilaian
lembar tabel pengamatan mengenai kemasan
produk pembersih, pewangi, pemutih dan pembasmi serangga, sebelum pembelajaran dimulai.
· Sangat baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
· Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) = 75>x>50
· Tidak baik (Tidak merangkum ) = <50
Penilaian lembar jawaban (LKS)
Mengetahui efek
penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan.
· Sangat baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
· Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) = 75>x>50
· Tidak baik (Tidak merangkum ) = <50
Penilaian lembar jawaban (LKS)
Mengetahui pengaruh bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan
· Sangat baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
· Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) = 75>x>50
· Tidak baik (Tidak merangkum ) = <50
Penilaian
lembar evaluasi setelah pembelajaran berakhir.
· Sangat baik (nilai dengan nilai benar semua)= 100
· Baik (nilai dengan benar setengah dari
jumlah soal) = 100>x>0
· Tidak baik (salah semua ) = <0
Penilaian
Akhir Adalah :
PENILAIAN
ASPEK AFEKTIF
Tujuan
:Mengukur sikap siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama
:
Kelas
:
Materi
: Bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Sikap dan Nilai
|
Nama Siswa
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
1. Memperhatikan penjelasan guru.
|
||||||
2. Memperhatikan media pembelajaran.
|
||||||
3. Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
|
||||||
4. Memperhatikan fenomena yang terjadi dalam praktikum.
|
||||||
5. Mengikuti praktikum dengan sungguh-sungguh.
|
||||||
6. Serius dalam mengikuti pembelajaran.
|
||||||
7. Kerjasama dalam praktikum.
|
||||||
8. Diskusi dalam kelompok berjalan secara efektif dan
kondusif.
|
||||||
9. Mampu menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||||||
10. Mampu
menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah dilakukan dengan
konteks lain.
|
||||||
11. Mengomentari
gagasan dari teman sekelompok agar gagasan tersebut menjadi lebih sempurna
|
||||||
12. Mengungkapkan
gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada
|
Keterangan
: Sangat baik
(2), Baik (1), Tidak Baik (0)
Rentang
penilaian :
Memperhatikan penjelasan guru
· Sangat baik (Memperhatikan guru dengan serius,
tidak bercanda dengan teman, dan antusias dalam pembelajaran) = 2
· Baik (Memperhatikan penjelasan guru,
sesekali bercanda dengan teman) = 1
· Tidak baik (Tidak memperhatikan penjelasan
guru, sering bercanda dengan teman) = 0
Memperhatikan media pembelajaran
· Sangat baik (Memperhatikan dengan serius, tidak
bercanda dengan teman, dan antusias melihat media pembelajaran) = 2
· Baik (Memperhatikan media pembelajaran,
sesekali bercanda dengan teman) = 1
· Tidak baik (Tidak memperhatikan media
pembelajaran, sering bercanda dengan teman) = 0
Menjawab pertanyaan yang diajukan
oleh guru
· Sangat baik (Menjawab Pertanyaan yang diajukan
guru dengan jawaban yang sesuai dengan yang ditanyakan) = 2
· Baik (Menjawab pertanyaan yang diajukan
guru kurang tepat dari yang ditanyakan) = 1
· Tidak baik (Tidak menjawab pertanyaan yang
diajukan guru) = 0
Memperhatikan fenomena yang terjadi dalam praktikum
· Sangat baik (Memperhatikan dengan antusias) = 2
· Baik (Hanya melihat saja, tidak tertarik
dengan fenomena) = 1
· Tidak baik (Acuh terhadap fenomena yang
terjadi) = 0
Mengikuti
praktikum dengan sungguh-sungguh
· Sangat baik (Mengikuti praktikum dengan
sungguh-sungguh) = 2
· Baik (Mengikuti praktikum sesekali
sesekali bercanda dengan teman ) = 1
· Tidak baik (Tidak mengikuti praktikum dengan
sungguh-sungguh) = 0
Serius dalam mengikuti pembelajaran
· Sangat baik (Antusias dalam mengikuti
pembelajaran, tidak bercanda selama pembelajaran) = 2
· Baik (Antusias dalam mengikuti
pembelajaran, sesekali bercanda dengan teman) = 1
·
Tidak baik (Tidak mengikuti pembelajaran
dengan baik, sering bercanda dengan teman) = 0
Kerjasama dalam praktikum
· Sangat baik (Melakukan kerjasama bersama teman
kelompok praktikum) = 2
· Baik (Melakukan kerjasama bersama teman
kelompok sesekali saja) = 1
· Tidak baik (Tidak melakukan kerjasama dengan
teman kelompok praktikum) = 0
Diskusi dalam kelompok berjalan
secara efektif dan kondusif.
· Sangat baik Sering mendiskusikan prosedur,
pengamatan dan hasil praktikum) = 2
· Baik (Mendiskusikan pengamatan dan hasil
praktikum saja) = 1
· Tidak baik (Tidak pernah berdiskusi) = 0
Mampu menyimpulkan hasil
pembelajaran .
· Sangat baik (Dapat menyimpulkan hasil
pembelajaran kesekuruhan ) = 2
· Baik (Dapat menyimpulkan hasil
pembelajaran sebagian saja ) = 1
· Tidak baik (Tidak dapat menyimpulkan hasil
pembelajaran) = 0
Mampu menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah
dilakukan dengan konteks lain
· Sangat baik (Dapat menjelaskan kembali
pembelajarn yang sudah dilakukan dengan contoh lain yang diajukan guru ) = 2
· Baik (Dapat menjelaskan kembali
pembelajaran yang sudah dilakukan dengan contoh lain yang diajukan guru tetapi
kurang terstruktur) = 1
· Tidak baik ( tidak dapat menjelaskan kembali
pembelajarn yang sudah dilakukan dengan contoh lain yang diajukan guru) = 0
Mengomentari
gagasan dari teman sekelompok agar gagasan tersebut menjadi lebih sempurna
· Sangat baik (Sering mendiskusikan prosedur,
pengamatan dan hasil praktikum) = 2
· Baik (Mendiskusikan pengamatan dan hasil
praktikum saja) = 1
· Tidak baik (Tidak pernah berdiskusi) = 0
Saya akan
mengungkapkan gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada
· Sangat baik (Dapat mengungkapkan gagasan yang
baik dan sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan) = 2
· Baik (Dapat mengungkapkan gagasan yang
kurang sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan) = 1
· Tidak baik (Tidak dapat mengungkapkan gagasan
sedikitpun) = 0
Penilaian
akhir adalah :
PENILAIAN
ASPEK PSIKOMOTOR
Tujuan
: Mengukur keterampilan
proses sains siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama
:
Kelas
:
Materi
: Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
Praktikum 1
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
Keterampilan
mengamati efek
penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan saat percobaan
berlangsung.
|
|||||
2
|
Menganalisis
hasil percobaaan efek
penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan saat percobaan
berlangsung.
|
|||||
3.
|
Keterampilan
berkomunikasi ketika diskusi kelompok
|
|||||
4.
|
Berdiskusi
dalam diskusi kelompok setelah percobaan efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan
lingkungan selesai dilakukan
|
Praktikum 2
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
Keterampilan
mengamati pengaruh
bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan saat percobaan
berlangsung.
|
|||||
2
|
Menganalisis
hasil percobaaan pengaruh
bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan saat percobaan
berlangsung.
|
|||||
3.
|
Keterampilan
berkomunikasi ketika diskusi kelompok
|
|||||
4.
|
Berdiskusi
dalam diskusi kelompok setelah percobaan pengaruh bahan pengawet terhadap daya tahan hidup
hewan dan tumbuhan selesai dilakukan
|
Dengan kategori
1 : Baik
sekali
2 : Baik
3 : Cukup
Penilaian
Terakhir :
Post a Comment